Bimbingan Teknis Nasional di Hotel Cendrawasih Makassar

Bimbingan Teknis Nasional di Hotel Cendrawasih Makassar

Bimbingan Teknis Nasional di Hotel Cendrawasih Makassar

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Wajo melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Nasional yang di selenggarakan pada Hari Selasa, 30 Oktober 2018 hinggan Rabu, 31 Oktober 2018 yang betempat di Aula Hotel Cendrawasih Makassar.

Bimtek ini diusung dengan tema "Meningkatkan Produktivitas Kelitbangan dengan Menyiapkan Aparatur yang Berkompetensi" dengan tema tersebut diharapakan dapat menjadi upaya meningkatkan produktivitas kelitbangan agar nantinya saat melakukan penelitian maupun pengembangan dapat memperoleh hasil yang efektif serta berinvasi.

Bimtek tersebut diikuti oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Wajo beserta Para Kabid, Kasubid, Kasubag, dan para Staf yang menerima tiga materi pada Bimtek kali ini.

Materi pertama dibawakan langsung oleh Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin Makassar dengan membawakan judul materi "Penguatan Kelembangaan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Wajo dan Inovasi Pemerintah Daerah". Beliau membahas tugas dan fungsi Balitbangda, pemnfaatan metode penelitian ilmiah, serta Balitbangda diharapkan dapat menghasilkan banyak Inovasi yang nantinya akan dapat mensejahterakan masyarakat Wajo khususnya.

Materi kedua dengan judul "Sistem Pengelolaan Website Balitbangda" yang dibawakan oleh Muslihin, M.Pd. Dengan adanya Website Balitbangda dapat memberikan informasi kepadda publik akan eksistensi Balitbangda Kabupaten Wajo. Website Balitbangda Wajo dikelola langsung oleh Staf Balitangda Wajo.

Materi ketiga yang dibawakan oleh Ir. Dedi Irawadi selaku Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh LAPAN. Data Citra Satelit yang merupakan data penginderaan jauh memiliki banyak manfaat. Data tersebut juga digunakan dan dimanfaatkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) karena dapat melihat keseluruhan Provinsi/Kabupaten/Kota seluruh daerah mulai dari data rumah, pertanian, dan lain sebagainya. Data Citra Satelit yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan ke depan guna merencanakan pembangunan daerah.

Berdasarkan hal tersebut Ir. Dedi Irawadi selaku Pembicara mengangkat tiga sub materi yaitu Penyediaan dan Pemanfaatan Data Satelit Penginderaan Jauh, Pengelolaan data Penginderaan Jauh untuk mendukung perencanaan Pembangunan Daerah, serta Sistem penerimaan, pengelolaan Data Citra Satelit Penginderaan Jauh untuk mendukung palayanan Pengguna Data Penginderaan Jauh.

 

dara

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close